Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar

9 Okt

Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar seorang mahasiswa antara lain :

1. Optimalisasi penerapan prinsip belajar

Beberapa syarat harus dimiliki seorang tutor dalam upaya pembelajaran kepada mahasiswa diantaranya (a) tutor telah mempelajari bahan pelajaran (b) tutor telah memahami bagian-bagian yang mudah, sedang dan sukar, (c) tutor telah menguasai cara-cara mempelajari bahan, dan (d) tutor telah memahami sifat bahan pelajaran.

Beberapa prinsip belajar diantaranya (a) belajar menjadi bermakna bila mahasiswa memahami tujuan belajar, (b) belajar menjadi bermakna bila mahasiswa dihadapkan pada pemecahan masalah yang menantangnya, (c) belajar menjadi bermakna bila tutor mampu memusatkan segala kemampuan mental mahasiswa dalam program tertentu, (d) sesuai dengan perkembangan jiwa mahasiswa, (e) belajar bisa menjadi menantang bila mahasiswa memahami prinsip penilaian faedah nilai belajarnya.

2. Optimalisasi Unsur Dinamis Belajar dan Pembelajaran

Upaya optimalisasi tersebut antara lain (a) memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengungkapkan hambatan belajarnya, (b) memelihara minat, kemampuan, dan semangat belajar mahasiswa, (c) meminta kesempatan pada kepala sekolah agar memberi kesempatan pada mahasiswa mengaktualisasi diri, (d) memanfaatkan unsur-unsur lingkungan, (e) menggunakan waktu secara tertib, (f) merangsang mahasiswa dengan memberi penguat rasa percaya diri.

3. Optimalisasi Pemanfaatan, pengalaman, dan kemampuan Mahasiswa.

Beberapa upaya optimalisasi tersebut antara lain (a) menugasi mahasiswa membaca modul sebelumnya, (b) tutor mempelajari hal-hal yang sukar bagi mahasiswa, (c) tutor memecahkan dan mencari cara memecahkan hal-hal yang sukar, (d) tutor mengajarkan cara memecahkan dan mendidik keberanian mengatasi kesukaran, (e) tutor mengajak serta mahasiswa mengalami dan mengatasi permasalahan, (f) beri kesempatan mahasiswa yang mampu memecahkan masalah untuk membantu rekannya.

4. Pengembangan Cita-Cita dan Aspirasi Belajar

Beberapa cara mendidik dan mengembangkan cita-cita belajar antara lain (a) menciptakan suasana belajar yang menggembirakan, (b) mengikut sertakan semua mahasiswa untuk memelihara fasilitas belajar (c) mengajak serta pengelola memperlengkap fasilitas tutorial.

Ada beberapa strategi yang bisa digunakan oleh tutor untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa, sebagai berikut:

1. Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik

Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang tutor menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya keadaan mahasiswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

2. Hadiah

Berikan hadiah untuk mahasiswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, mahasiswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk mengejar mahasiswa yang berprestasi.

3. Saingan/Kompetisi

Tutor berusaha mengadakan persaingan di antara mahasiswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

4. Pujian

Sudah sepantasnya mahasiswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat membangun.

5. Hukuman

Hukuman diberikan kepada mahasiswa yang berbuat kesalahan saat proses turorial. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar mahasiswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.

6. Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar

Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.

7. Membentuk kebiasaan belajar yang baik;

8. Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok;

9. Menggunakan metode bervariasi; dan

10. Menggunakan media yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: