Kinerja

24 Agu

Kinerja adalah sikap, nilai moral, serta alasan internal maupun eksternal yang mendorong seseorang untuk bekerja atau bertindak dalam profesinya. Atau kinerja (performance) berarti, pelaksanaan kerja, pencapaian kerja atau hasil kerja atau unjuk kerja atau penampilan kerja. Kinerja dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain kepuasan karyawan, kemampuan karyawan, motivasi, lingkungan kerja, kepemimpinan (Kuswadi, 2004:27). Kinerja meliputi beberapa aspek, yaitu:

  1. Quality of work (kualitas pekerjaan)
  2. Promptness (kecepatan dan ketepatan hasil kerja)
  3. Initiative (kemampuan mengambil inisiatif)
  4. Capability (kesanggupan atau kemauan melaksakan pekerjaan)
  5. Communication (kemampuan komunikasi dengan lingkungannya)

Kelima aspek dapat dijadikan ukuran dalam mengadakan pengkajian tingkat kinerja seseorang.

Karyawan bisa belajar seberapa besar kinerja mereka melalui sarana informal, seperti komentar yang baik dari mitra kerja, tetapi penilaian kerja mengacu pada suatu sistem formal dan terstruktur yang mengukur, menilai, dan mempengaruhi sifat-sifat yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku, dan hasil, termasuk tingkat ketidakhadiran. Fokusnya adalah untuk mengetahui seberapa produktif seorang karyawan dan apakah ia bisa bekerja sama atau lebih efektif pada masa yang akan datang, sehingga karyawan, organisasi, dan masyarakat semuanya memperoleh manfaat.

Kegiatan penilaian kerja adalah bagian dari sistem manajemen kinerja yang berkembang dalam perjalanan waktu. Sistem-sistem semacam ini dilandasi kepercayaan bahwa kinerja individu bervariasi dalam perjalanan waktu dan bahwa individu bisa berpengaruh terhadap kinerja mereka. (Randall S. Schuler Dan Susan E. Jackson, 1999). Jadi suatu sistem manajemen kinerja yang efektif umumnya menjalankan dua tujuan:

  1. Tujuan evaluasi yang membiarkan orang tahu dimana posisinya.
  2. Tujuan pengembangan yang memberikan informasi dan arahan tertentu kepada individu, sehingga ia dapat memperbaiki kinerjanya.

Oleh karena itu, penilaian kinerja dihubungkan dengan kegiatan-kegiatan sumber daya manusia lainnya seperti kompensasi, promosi, perencanaan, pengembangan dan pelatihan, serta validasi sistem seleksi untuk ketaatan hukum.

Kriteria kinerja ini menilai dan/atau mengevaluasi kinerja karyawan berdasarkan deskripsi perilaku spesifik meliputi dimensi-dimensi sebagai berikut:

  1. Quantity of work, yaitu jumlah kerja yang dilakukan dalm suatu periode waktu yang telah ditentukan.
  2. Quality of work, yaitu kualitas kerja yang dicapai berdasarkan syarat-syarat kesesuaian dan kesiapannya.
  3. Job knowledge, yaitu luasnya pengetahuan mengenai pekerjaan dan ketrampilannya.
  4. Creativeness, yaitu keaslian gagasan-gagasan yang dimunculkan dan tindakan-tindakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang timbul.
  5. Cooperation, yaitu kesediaan untuk bekerjasama dengan orang lain (sesama anggota organisasi).
  6. Dependability, yaitu kesadaran dan dapat dipercaya dalam hal kehadiran dan penyelasaian kerja.
  7. Initiative, yaitu semangat untuk melaksanakan tugas-tugas baru dan dalam memperbesar tanggungjawabnya.
  8. Personal qualities, yaitu menyangkut kepribadian, kepemimpinan, keramah-tamahan, dan integritas pribadi.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah lingkungan kerja. Penciptaan lingkungan kerja yang menyenangkan akan dapat membuat karyawan mau untuk bekerja dengan penuh kesadaran memberikan segala kemampuan, daya, pikiran, kreasi dan kemauan yang maksimal untuk mencapai hasil yang maksimal pula. Linkungan kerja yang baik ditandai dengan tersedianya sarana dan prasarana kerja yang memadai sesuai dengan sifat tugas yang harus terselesaikan. Lingkungan kerja nonfisik, yang berupa hubungan kerja antara karyawan, baik dengan rekan kerja ataupun dengan atasannya, dan lingkungan kerja fisik seperti kebersihan, kenyamanan tempat kerja dan kelengkapan fasilitas kerja, juga akan mempengaruhi kinerja karyawan untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab mencapai target atau sasaran yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: