Kepemimpinan

29 Agu

Dalam kehidupan organisasi ataupun perusahaan, kepemimpinan memegang peranan penting didalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu, pimpinan tidak bekerja sendiri tetapi ia perlu bawahan atau orang lain diajak bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang memang diinginkan bersama. Kepemimpinan adalah keseluruhan aktivitas dalam rangka mempengaruhi orang-orang agar mau bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang memang diinginkan bersama (Martoyo, 2000). Dari definisi di atas jelas bahwa kepemimpinan yang baik akan mendorong suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Keith Davis (1996) bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan rasa semangat demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Kepemimpinan merupakan faktor manusia yang mengikat suatu kelompok secara bersama-sama dan mendorong mereka kesuatu tujuan.

Pemimpin merupakan sumber daya organisasi yang sangat strategis. Seorang pemimpin adalah seorang yang mempunyai wewenang untuk memerintah orang lain, dimana dalam menjalankan pekerjaannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan menggunakan bantuan orang lain. Tanggung jawab seorang pimpinan adalah mendorong kelompok-kelompok ke arah tujuan yang bermanfaat (Keith Davis 1990). Setiap anggota kelompok harus dapat merasakan bahwa mereka memiliki sesuatu yang bermanfaat dan harus dilakukan dengan kepemimpinan yang baik dan sumber-sumber daya yang tersedia. Ada empat faktor yang mendukung keberhasilan seorang pemimpin, yaitu :

1. Kemampuan melihat organisasi sebagai keseluruhan.

2. Kemampuan mengambil keputusan.

3. Kemampuan mendelegasikan wewenang.

4. Kemampuan menanamkan kesetiaan.

Baik tidaknya suatu kepemimpinan akan menentukan kinerja karyawan. Kepemiminan yang menggairahkan karyawan merupakan sumber motivasi, sumber semangat dan dan sumber disiplin dalam melaksanakan kerja menjadi tanggung jawab mereka (Bejo Siswanto, 1987) sehingga perusahaan yang ingin sukses harus menunjukan kepemiminan yang baik agar karyawan mempunyai semangat kerja yang tinggi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: